1. Negasi

Kami kutip lagi : ” Mungkin ada yang merasa agak janggal bahwa negasi atau pengingkaran itu suatu perakit, sehingga proposisi negatif atau proposisi ingkar itu harus dipandang sebagai proposisi majemuk. Akan tetapi jelaslah bahwa dalam proposisi negatif i pertama-tama terdapat suatu proposisi afirmatif. (Sukadijo,1983).

Untuk menjadikannya suatu proposisi negatif, diperlukan proposisi yang menyatakan bahwa proposisi pertama itu tidak benar. Dengan demikian terdapatlah suatu proposisi negatif yang majemuk . Dari sini didapat definisi yang pertama :

D1. \ulcorner\sim\phi\urcorner\quad untuk \quad\ulcorner\phi\downarrow\phi\urcorner

\ulcorner\sim\phi\urcorner\quad untuk \quad\ulcorner\phi\downarrow\phi\urcorner dibutuhkan satu negasi \ulcorner\sim\phi\urcorner\quad merupakan negasi dari quasi quotation f , biasanya merupakan suatu hipotesa Ho, hal ini diperlukan untuk menerangkan \ulcorner\sim\phi\downarrow\sim\phi\urcorner\quad , yang artinya \quad\ulcorner\sim\sim\phi.\vee.\sim\sim\psi\urcorner bukan tidak f atau bukan tidak f,jadi apabila f = 500 maka ~f < 500 atau ~f > 500 , jadi apabila Ho : x = 500 diterima maka H1 : x > 500 atau x < 500 ditolak, atau sebaliknya. Hal ini sesuai dengan prinsip eksistensial quantifier yaitu apapun bilangan natural/alamyang anda pilih x akan mengeluarkan bilangan alam berikutnya x’ dimana ( x’<x . atau . x’=x . atau . x’>x ) , walaupun ini adalah suatu pernyataan yang trivial namun secara eksistensial valid dimana x’ mewakili seluruh bilangan alam, sama seperti definisi Hipotesa diatas. Dari sini didapat definisi yang pertama : dan bolehlah saya mulai berkhayal.

Sungai

Sungai adalah sungai. Sungai bukan tempat sampah atau bukan untuk diurug dan dibangun rumah. Sungai bukan untuk dicampur dengan detergent atau tempat ikan hidup. Sungai tempat menyimpan ikan atau volumenya yang besar. Kulkas volumenya kecil atau mengkonsumsi listrik. Sungai bisa menghasilkan listrik atau mengalir dari hulu ke hilir. Kulkas dari desa ke kota atau kulkas jumlahnya jutaan.. Sungai dapat dihitung atau sungai untuk mengalirkan air. Sungai bukan untuk meluapkan air atau bukan sumber banjir. Sungai bukan WC atau bukan toilet.

Sabun

Sabun untuk material pembersih atau sabun bukan makanan. Sabun bukan makanan ikan atau sabun tidak dibuang disungai. Sabun bisa bukan alkyl benzene sulphonate (ABS) atau sabun bisa tidak berbahaya. Sabun bisa degradable atau sabun itu murah. Sabun degradable itu mahal atau ikan itu mahal. Ikan ada disungai atau ikan dapat dipancing. Ikan ada dikulkas atau ikan ada disungai. Ikan dikulkas sudah mati atau ikan disungai berkembang biak. Ikan disungai banyak atau ikan dikulkas sedikit. Ikan sabun bukan makanan.

Silakan……. sekarang anda mempunyai perakit untuk bernegasi sendiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: