Khayalan Lumpur Lapindo

Hari ini berkhayal lagi. Khayalannya seperti ini … sudah sekian tahun Lumpur Lapindo menggenangi daerah Sidoarjo. Ekonomi daerah ini tidak bersinar lagi seperti dulu. Kenapa kok bisa terjadi … apakah ada sesuatu … wah ga berani berandai – andai soal hati manusia. Tapi berkhayal soal bumi jadi tergelitik untuk berkhayal lagi.


Khayalan 1 : Dari berita berita bisa dilihat langsung lumpur Lapindo mengandung gas yang bisa terbakar. Katanya sih methane, Dengar kata metana CH4 , khayalan langsung meluncur ke Septictank samping rumahku yang diberi cerobong, yang katanya keluar gas yang seperti methane itu. Lha kalo Lumpur Lapindo seperti Septictank sejak purbakala , maka pasti ada endapan kotoran, khayalan langsung menembak sisa-sisa plankton yang membusuk sejak dulu. Gas metana bersal dari bakteri Metanobakter. Ada desulfovibrio dengan hasil sulfat, ada Nitrosomonas ada Nitrobakter semua bakteri bakteri yang bisa menghasilkan gas.


Khayalan 2 : Lha kalau sudah tahu keluar methane kok dibor terus dengan asumsi minyak.. , setelah surfing kiri kanan ternyata … gas methane yang seperti Lapindo itu ada dua golongan CBM ( Coal Bed Methane) atau Methane Hydrate. Lha untuk mengeluarkan CH4 nya aquifer/cadangan CBM ini harus disuntik dengan Air Laut yang panas dan disuntik gas C02 , baru gas methane bisa keluar.


Khayalan 3 : Kalo memang ini CBM/Methane Hydrate , yang seperti Lapindo ini , seperti yang dilihat di TV juga ada di Rungkut, ada lagi di Kalimantan, ada di Sumatra, ada di Jawa Barat …… banyak deh Lumpur yang keluar methanenya, diselatan Jaya Pura. Herannya kok Universitas adem ayem saja … mestinya fenomena ini kan dikeroyok banyak Institusi, Sudah jelas Teknik Geologi, Mikrobiologi, Teknik Perminyakan, Teknik Fisika, Teknik Sipil, dan seterusnya ……. Yah …gak tahulah sekolah kita ini.


Ooh ya tambah lagi Rumus Metatheorema :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: