Commodification vs KoModifikasi

Setelah baca sana sini ternyata studi media massa di universitas menerapkan pendekatan ekonomi politik dengan 3 konsep awal yang harus dipahami, yaitu:
1. ‘Commodification’ artinya segala sesuatu dikomoditaskan (dianggap barang dagangan).
2. ‘Spatialization’ artinya proses mengatasi hambatan jarak dan waktu dalam kehidupan sosial.
3. ‘Structuration’ artinya penyeragaman ideologi secara terstruktur.
Dengan pandangan seperti itu sudah jelas, lulusan sarjana komunikasi cenderung kearah itu. Kekuasaan pengusaha semaikn terstruktur, kemiskinan terstruktur. Jarak dikuasi struktur semakin mencengkeram. Pemutarbalikan sesuatu yang bernilai dengan cara memutarbalikkan struktur. Contohnya Acara bincang-bincang dengan keluarga Raja, Keraton diselipi dengan iklan teh kotak, bahkan disponsori dengan kompensasi lebih mengutamakan dan mementingkan barang komoditas itu dibandingkan kraton, pejabat atau orang orang penting.
Dengan kenyataan ini blog yang masih lumayan bernilai ini mulai diserang oleh Commodification ini. Contohnya : berita layanan telepon baru yang terdongkrak gratis popularitas blog.
Oleh sebab itu blogger-blogger jangan ikut latah mengiklankan komoditas dibalut dengan naturalitas blogger. Blogger harus tetap naturalis, pejuang lingkungan, memperjuangkan nilai nilai luhur dan lain-lainnya. Kalau bisa merombak struktur ( KoModifikasi) dimana sarjana hanyalah sebagai calon pekerja, dan pengemis kerja menjadi Sarjana yang akhirnya menjadi Raja dan Ratu penguasa barang/jasa/komoditas yang sukses dan kaya disertai dengan gelaran dan tanda jasa. Jika sekarang belum bisa .. adik adik kelas kita persiapkan untuk menraihnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: