Keruwetan Internet Intranet serta Ideosentrisme dan Allosentrisme

Idiocentrics memandang diri adalah sebagai hal yang terpisah dari orang lain, mempunyai kaitan dengan prestasi, dan memberi prioritas ke tujuan pribadi diatas tujuan kelompok. Dan sebaliknya, orang membuat angka yang tinggi pada allosentrisme yang memandang diri tidak dapat dipisahkan dari yang lainnya dalam suatu kelompok-setempat. Mereka sangat mengindahkan keselarasan hubungan antar pribadi, yang manakala mereka mulai membedakan antara tujuan kolektif dan tujuan pribadi, mereka mendisposisikan tujuan pribadi mereka pada tujuan kelompok.

Dari perspektif individu, menurut Triandis, idiosentrisme dan allosentrisme adalah konstruk berbeda yang dapat diukur sepanjang distribusi normal. Pengaruh masyarakat umum cenderung untuk membuat salah satu dari dua dimensi yang lebih tinggi ini pada rata-rata kultur masyarakat tertentu; namun bagaimanapun, kecenderungan individu adalah sering berbeda dengan kecenderungan masyarakat mereka.

Pada Tulisan saya sebelumnya proyek INHERENT yang dulunya IHE-Net bisa kita golongkan yang Ideosentrisme itu, namun ketika jaringannya sudah menyeluruh dan kerjasama antar individu melalui internet terbentuk dalam Intranet maka allosentrisme dapat terjadi. Idiosentrisme dan allosentrisme muncul untuk menjelaskan perbedaan regional dalam bagaimana pengambilan keputusan dan persepsi panutan partisipatif saling berhubungan untuk meramalkan kinerja. Apabila dalam satu kantor terdapat pekerja Negeri Panda dan pekerja dari Negaranya Uwak Sam, diketemukan bahwa self efficacy pekerja Negeri Panda adalah allosentrisme dan self efficacy pekerja dari Negaranya Uwak Sam adalah ideosentrisme.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: