Jika koalisi mirip koagulasi didalam penjernihan air kecuali partikelnya.

Didalam dunia penjernihan air kita juga mengenal koalisi. Koagulasi disini adalah proses bersatunya partikel partikel yang ada didalam koloid air dari destabilisasi partikel. Sedangkan flokulasi adalah proses pembentukan flok. Flok adalah seperti sekawanan domba yang bergerak berbaris dipimpin gembala. Koagulasi yang seperti koalisi ini terjadi karena ada transport partikel dan destabilisasi partikel.
Dalam satu partikel ada dua lapisan . Lapisan tetap lebih didalam bermuatan positif dan lapisan difusi agak diluar bermuatan negatif dan positif. Diantara lapisan ada bidang geser yaitu batas antara dua lapisan itu. Ketika ion positif dalam fase air ditarik muatan negatif dari koloid. Konsntrasi meningkat saat mendekati permukaan koloid. Namun Ketika ion negatif dalam fase air ditolak muatan negatif dari koloid. Konsntrasi menurun saat mendekati permukaan koloid. Penolakan diakibatkan oleh gaya elektostatik. Penarikan diakibatkan oleh gaya vanderWaals. Apabila digabung total jumlah penolakan dan penarikan masih lebih besar penolakan. Untuk menurunkan penolakan dibutuhkan enerji aktivasi, yaitu enerji kinetik untuk menurunkan gaya penolakan dengan cara MIXING. Destabilisasi koloid juga bisa dengan cara menaikkan kekuatan ion dengan menambah koagulan/agen koalisi kusus. Juga bisa lebih lancar dengan polielektrolit.
Prosesnya adalah penggumpalan koloid-koloid dengan diameter yang lebih besar. Karena besar menurut hukum Stokes, partikel koloid yang sudah berkoalisi akan mengendap, menjadi lapisan endapan yang settle didasar air sehingga airnya menjadi jernih tergantung bilangan Reynold dalam cairan. Selanjutnya endapan dipisahkan dan dikeringkan pada lantai jemur siap dibuat pupuk yang kaya nutrisi.
Ya memang agak ruwet tapi menjadi sederhana apabila dianalogikan dengan rumus Jika A seperti B kecuali C maka …. Jika koagulasi seperti koalisi kecuali patikelnya maka … ceritanya akan seperti yang diuraikan diatas.

3 Responses to Jika koalisi mirip koagulasi didalam penjernihan air kecuali partikelnya.

  1. M. Yusuf mengatakan:

    Salam,
    Bagi yang ingin mendapatkan info seputar tehnik penjernihan air silahkan kunjungi :
    http://www.airminumisiulang.com/page.php?penyaring-air-dan-penjernih-air
    Semoga Bermanfaat
    Salam Ilmu Pengetahuan

    Situs tentang water treatment lengkap yang pantas dikunjungi, thanks

  2. sams mengatakan:

    saya mau nanyak neh..
    apakah air laut bisa dijernihkan/dijadikan air dengan menggunakan proses elekrolisis?bagaimana caranya??

    thx – sams kalo brakish water biasanya pake membran untuk reverse osmosis + koreksi pH dan hardness, dikasi asam supaya tidak scaling CaCO3. Setelah itu air bersih yg diperoleh dicampur soda kue baru dielektrolisis. Wah nanyanya jangan yang susah jawabnya OK Bro ini gw jadiin posting di. https://nemu.wordpress.com/2008/09/09/blogger-yang-miskin-komentar-perlu-blk/ Thx a lot

  3. Saringan air mengatakan:

    Untuk informasi tambahan seputar penjernih air sederhana dan modern silakan kunjungi http://www.saringanair.com

    Terimakasih.
    Salam kenal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: