Jika Subprime Mortgage Amerika seperti KPR BTN kecuali krisisnya

Seperti kita ketahui kalau kita aplikasi KPR BTN, tentunya slip gaji adalah yang pertama kali dipersyaratkan, kemudian syarat syarat berikutnya yaitu membayar cicilan tetap/flat sesuai lama cicilan yang dipilih. Lha kalau di Amerika sono agak lain. Katakan karyawan bernama Jimmy mengajukan KPR kepada Bank/Jasa Penyalur KPR/Washington Mutual untuk rumah senilai USD 800.000. Kemudian Bank itu menjual KPR Jimmy tadi ke lembaga investasi/penjamin KPR [Goldman Sachs,Fannie Mae=Federal National Mortgage Association, Freddie Mac=Federal Home Loan Mortgage Corporation]. Goldman/Fannie/Freddie lalu membudel KPR Jimmy beserta KPR yang lain dan menjualnya dalam bentuk surat berharga MBS [Mortgage-backed Securities] dengan peringkat AAA/ A /B dan dijual di Wall Street..Dan supaya aman dari gagal bayar maka Bank penyalur KPR mengasuransikan KPR ke Perusahaam Asuransi [AIG]. Bank juga bisa menjual beberapa KPR ke Wall Street dalam hal ini dibeli Lehman Brothers yang lalu menulap surat-surat ini menjadi Collateral Debt Obligation Pools [CDOs] dengan peringkat AAA/ A /B juga. Lha CDO ini di beli oleh Investor Institusi [ Vanguard, Bear Sterns hedge funds, Dana Pensiun Guru New York]. Kemudian dijual lagi pada pembeli rumah dalam bentuk IRA dan 401k. IRA= Individual Retirement Accounts , serta 401k plans. Gonjang ganjing ini timbul karena suku bunga The Fed, jenis KPR dengan bunga mengambang serta harga rumah yang rendah kecuali California. Sejak 2002 suku bunga The Fed masih 1.24% dan karena bunga murah berbondong bondong karyawan termasuk guru membeli rumah via KPR ini [ dengan resiko tinggi = subprime]. Krisis meledak karena The Fed menaikkan suku bunga pelan pelan dan menjadi 5.25% di bulan Juni 2006. Bunga 5.25% ini terus bertahan sampai 14 bulan.

Khayalan kita tentang perusahaan Indonesia apa yang terkena krisis Amerika ini. Hal hal yang perlu diperhatikan.

  1. Rumah adalah produk dengan komponen yang sangat besar variasinya. Dari rumah itu sendiri dijual dari paku,amplas,cat hingga pasir sampai lampu atap, AC dan perabotan pengisi rumah termasuk elektronik. Dengan krisis ini pembangunan rumah minimal menurun, pabrik pabrik sektor perumahan/perabotan harga sahamnya anjlok [ Dulux – Belanda mem PHK 3.500 karyawan].Perhatikan perusahaan pengekspor komponen rumah ke Amerika.
  2. Komoditi pemicu Inflasi, pemicu kenaikan suku bunga. [BBM. Moda transportasi. Moda Bahan Bakar Industri] maka HHO, Coal Bed Methane maupun Methane Hydrat bisa jadi solusi, selain Batu Bara dan Minyak Nabati serta Sumber Energi lain yang terbarukan..
  3. Suku Bunga BI, Surat berharga apa yang ketika dijual dengan suku bunga BI masih rendah [ORI,SUN,dll] dan sekarang suku bunga BI sudah dikisaran 9%. Apakah berlangsung lama ?
  4. REIT [ Real Eastate Investment Trust] di Indonesia apa saja kegiatannya ?
  5. Lembaga keuangan apa di Indonesia ini yang membeli surat-surat berharga Amerika yang terlibat krisis, dan berapa gajinya, kegiatan beresiko tinggi apa yang dikerjakannya? .
  6. Anda bisa memperpanjang daftar perusahaan yang rentan krisis ini.

Baca juga : Senat Amerika menyetujui dana talangan USD 700 Miliar []   Perhitungan asset berdasarkan nilai pasar sedang diusulkan disuspens  []   Pasar butuh random walk walaupun menggunakan seragam pemerintah/militer

3 Responses to Jika Subprime Mortgage Amerika seperti KPR BTN kecuali krisisnya

  1. renovasi rumah mengatakan:

    Terima kasih atas infonya,,,sangat bermanfaat.
    Semoga sukses..

  2. renovasi mengatakan:

    Nice blog….

    Silahkan berkunjung ke:
    http://pro-bangunan.com/

  3. Contoh rumah mengatakan:

    Artikelnya bagus juga……Saya tunggu artikel berikutnya…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: